Wednesday, January 27, 2016

TRIK JADI PENULIS HEBAT



Trik jadi penulis hebat sederhana kok, intinya anda harus memulai. Berikut  kebiasaan para penulis hebat yang bisa anda ikuti:
  1. Menulislah untuk orang lain
    Untuk menjadi penulis hebat, Anda harus belajar bagaimana menulis untuk orang lain. Anda tidak bisa hanya menulis apa yang Anda rasakan seperti menulis buku pribadi. Anda harus belajar untuk menulis apa yang orang lain ingin membacanya.

  2. Menulis sesuatu yang baru setiap hariKenapa harus menulis sesuatu yang baru karena pembaca  lebih suka terhadap informasi yang baru. Kalaupun tulisan Anda bukan ide yang baru maka Anda tidak usah khawatir karena Anda bisa memberikan sentuhan pada tulisan lama tersebut,caranya dengan melakukan improvisasi dari segi gaya bahasa maupun pengembangan idenya,  sehingga akan nampak lebih baik dan lebih enak dibaca.
  3. Mulailah dari menulis cerita pendek atau artikel
    Intinya tulisan pendek entah itu artikel atau cerpen adalah latihan yang baik sebelum Anda membuat buku atau novel. Dengan semakin banyak menulis kita juga bisa membuktikan bahwa diri kita layak menjadi seorang penulis hebat.
  4. Uji Ketrampilan Anda
    Langkah selanjutnya adalah mencoba menguji kualitas tulisan Anda dengan mengirimkannya ke media cetak. Ketika tulisan Anda ditolak maka Anda harus berlapang dada dan menerima bahwa tulisan Anda mungkin belum memenuhi standar kulitas media yang menolak naskah Anda. Dari itu lakukanlah evaluasi terhadap tulisan Anda, kemudian Anda coba kirimkan lagi. Jika tulisan Anda diterbitkan, berarti kualitas tulisan Anda sudah jauh lebih baik.
  5. Jangan terpaku pada persoalan teknis
    Satu hal yang perlu kita ingat menulis itu jangan terlalu menggunakan logika kiri karena hal itu akan menghambat imajinasi Anda. Gunakanlah logika kanan Anda dengan begitu Anda akan lebih baik dalam mengembangkan ide untuk menulis.

No comments:

Post a Comment