Saturday, July 28, 2018

MOMEN GERHANA BULAN TOTAL DI ABAD INI


Gerhana bulan total abad ini sudah dimulai. Fase pertama dimulai dengan masuknya bulan di bayangan bumi samar (penumbra).

Sabtu (28/7/2018), fase gerhana bulan awal ini dimulai pukul 00.13 WIB. Sekitar pukul 01.30 WIB fase gerhana bulan sudah mulai masuk ke umbra. 

Gerhana bulan total ini bisa diamati menggunakan teropong bintang merek Vixen. Ada dua teropong yang disediakan BMKG untuk memantau gerhana bulan total terlama abad ini.

Teropong ini bisa langsung disambungkan ke kamera DSLR atau disambungkan ke laptop untuk bisa dengan jelas melihat penampakan gerhana bulan yang sedang terjadi. Fase gerhana mulai atau P1 pun menjadi terlihat jelas.

"Jadi gerhana baru mulai. Jadi ketutup yang bayangan penumbra. Jadi cuma bedanya tipis banget. Kita baru fase ini jadi seperti tertutup selaput tipis saja. Sekarang ketutup bayangan tipis saja. Belum terlihat signifikan. Kita menyebutnya gerhana mulai atau P1," ujar pengamat Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG di lokasi.

Fase P1 adalah fase ketika bulan masuk di bayangan penumbra atau bayangan tipis. Fase ini akan segera berganti masuk fase umbra sekitar pukul 01.24 WIB.


Untuk diketahui, gerhana bulan total yang terjadi pada Sabtu (28/7) dini hari tadi merupakan gerhana bulan total terlama abad ini karena mencapai 103 menit. Gerhana bulan total terlama ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Fase gerhana bulan total yang lebih lama dari gerhana bulan dini hari ini dan bisa disaksikan di Indonesia bakal terjadi pada 19 Juni 2141, yaitu mencapai 106 menit.

Berikut waktu dari proses gerhana bulan total 28 Juli 2018, dini hari tadi:

- Bulan memasuki penumbra Bumi/gerhana bulan penumbra mulai (P1): 00.13 WIB
- Bulan memasuki umbra Bumi/gerhana bulan sebagian mulai (U1): 01.24 WIB
- Gerhana bulan total mulai (U2): 02.29 WIB
- Puncak gerhana bulan total: 03.21 WIB
- Gerhana bulan total selesai (U3): 04.13 WIB
- Bulan meninggalkan umbra Bumi/gerhana bulan sebagian selesai (U4): 05.19 WIB
- Bulan meninggalkan penumbra Bumi/gerhana bulan penumbra selesai (P4): 06.28 WIB


@Amrhy_02

No comments:

Post a Comment