Friday, November 23, 2018

LELAKI SEJATI MENURUT PANDANGAN ISLAM




LELAKI SEJATI MENURUT PANDANGAN ISLAM

Lelaki itu berbeda dengan perempuan. Seperti halnya perempuan, lelaki diberikan kelebihan oleh Allah SWT. Namun, dalam Islam kelebihan itu tidak hanya berkutat di soal fisik belaka. Jika dilihat dari fisik memang lelaki lebih kuat dan unggul bila dibandingkan dengan perempuan. Ada mekanisme teknis (akhlak) dalam hal ini. Akhlak inilah yang membedakan seorang lelaki biasa dan seorang lelaki Muslim.
 
Akhlak bersumber dan berpangkal pada jiwa manusia. Jika jiwa manusia itu baik maka segala perbuatan dan amalnya akan baik pula. Sebaliknya jika jiwanya jelek dan busuk maka segala amal perbuatannya akan jelek dan buruk pula. Sebagaimana sabda Rasullullah SAW:
Sesungguhnya ada segumpal daging dalam tubuh manusia, jika daging itu baik menjadi baiklah tubuh orang itu, dan apabila daging itu busuk maka menjadi busuklah tubuh. Segumpal daging itu ialah hati.”
Akhlak seorang lelaki muslim itu seharusnya meneladani akhlaknya Baginda Rasullullah Saw, karena kita tahu bahwa beliau adalah teladan  yang baik. Q.S. Al-Qalam ayat 4, artinya:
“Sesungguhnya engkau ( Muhammad ) berada di atas budi pekerti ( khuluq ) yang agung”
Jadi  seorang laki-laki Muslim memiliki beberapa sifat yang seharusnya melekat pada dirinya. Di antaranya adalah:
Islam menjadi pedoman hidupnya yang utama (QS.6:153); Ikhlas menjadi dasar hidupnya (QS.2:207); Taqwa menjadi bekal hidupnya (QS.2:197); Taat menjadi karakteristik khasnya (QS.3.132); Shalat dan sabar merupakan kekuatannya (QS.8:56;32:24); Tidak mengenal sikap palsu, kamuflase, banyak tingkah dan takabur (QS.25:63); Senantiasa risau dan amat takut akan azab Neraka Jahanam (QS.25:65-66); Hatinya lurus dan hidup subur, dengan iman yang benar (QS.25:73);

Senantiasa jujur dalam perkataan dan perbuatan; Senantiasa menjaga amanah yang diberikan; Senantiasa memberi kepada yang membutuhkan; Memiliki sifat malu; Senantiasa menepati janji; Senantiasa Shalat tepat pada waktunya; Senantiasa membaca dan mempelajari Al Qur’an dan mengamalkannya; Sederhana dalam urusan dunia dan paling cinta pada urusan akhirat; Paling berhati-hati dengan lidahnya (menjaga lidah); Senantiasa suka dan ringan berzakat, infaq dan bersedekah; Senantiasa menjaga wudhu; Senantiasa menjaga Shalatnya terutama Shalat wajib; Senantiasa menjaga Shalat sunnat Tahajjud dan Shalat Dhuha;Cerdas / Pikirannya intelek (Mutsaqoful fikri)
Rendah hati (Tawadhu’); Jiwanya bersungguh-sungguh (Mujaahadatun nafsi); Mampu mencari nafkah (Qaadirun’alal kasbi); Senantiasa pandai memanfaatkan waktu (untuk dunia dan akhirat) (Hariisun’alal waqti); Sebanyak-banyaknya bermanfaat bagi orang lain ( Naafi ’un lighoirihi)

Mungkin untuk saat ini, itulah beberapa akhlak lelaki muslim yang harus dia miliki dalam hidupannya. Jika ingin mencari pasangan hidup yang ideal ya carilah muslim yang memiliki akhlak tersebut. Insyaallah akan memberikan keselamatan di dunia dan akhirat kelak.


Padang Pariaman, -- November 2018
@Amrhy_02

No comments:

Post a Comment