Saturday, August 4, 2018

SURGA TERSEMBUNYI LAINNYA DI MALALAK, AIR TERJUN LANGKUIK TINGGI


Air Terjun Langkuik Tinggi adalah destinasi kita selanjutnya yang akan saya ekspos buat sobat semua. Sama seperti postingan air terjun sebelumnya, lokasi wisata ini berada di Malalak, sebuah kecamatan muda yang berada di Kab. Agam Provinsi Sumatera Barat. Tepatnya di desa Nyiua, Malalak Selatan. Bagi saya yang asli orang Malalak yang suka hiking/ treking dan pecinta air terjun, ini merupakan tempat yang sangat indah untuk di jelajah. Sobat tidak akan kecewa kalau nantinya sampai di lokasi air terjun ini.

Lokasi Air Terjun Langkuik Tinggi
Lokasinya berada di Kec. Malalak yang terkenal dengan surga bagi para pecinta air terjun. kenapa samapai di bilang demikian, pasti sobat pada penasarankan? Alasannya ya karena kampung halaman saya ini memiliki lebih kurang 17 air terjun loh sobat. Untuk menuju lokasi Air Terjun Langkuik Tinggi ini bisa melalui jalan alternatif  Bukittinggi-Sicincin via Malalak. 

Jika kita dari Bukittinggi kita belok kanan dari Simp. Padang Lua dan memasuki Simp. Malalak. Jika kita dari Padang bisa melalui Simpang Sicincin. Tepat lokasinya di daerah Nyiua desa Malalak Selatan. Gampang kok, dengan menggunakan google maps sobat semua juga bisa menemukan tempat ini. 

Untuk menemukan tempat ini, di perjalanan nanti sobat bisa di temukan posko dan ada spanduknya. Untuk masuk ke lokasi ini sobat harus parkir dulu di posko dan di kenakan biaya parkir Rp 5.000,- yang nantinya di jaga petugas keamanan. Selanjut sobat akan di arahkan untuk melaporkan jumlah anggota kepada pihak posko untuk di catat informasi jumlah yang berangkat. Dan tidak lupa sobat juga harus membayar karcis masuk yang di kelola warga Rp 5.000,-/orang. Jika sobat ragu dalam perjalanan bisa menggunakan guide juga kok yang biasanya di lakukan oleh anak-anak remaja sekitar. Untuk jasanya kita bisa membayar mereka seikhlasnya saja kok sobat.

Perjalanan Air Terjun Langkuik Tinggi
Awal mula perjalanan menuju tempat ini sobat akan melewati hamparan sawah, jadi ya masih datar lah. Tak berapa lama mulai memasuki hutan sekitar Air Terjun Langkuik Tinggi ini. Perjalanan pun di mulai, tanjakan dan penurunan menjadi santapan selama perjalanan sobat nantinya. Jalan licin dan sempit pun akan sobat lalui. Perjalanan ini akan terasa agak sulit karena medan jalan yang naik turun dari awal-awal perjalanan. 
Pastinya tujuan sobat disini untuk treking dan menikmati air terjun. Iya nggak? Jadi jangan menggunakan sandal jepit ya. Sobat mesti gunakan sepatu atau sandal treking untuk menghindari resiko terpeleset ataupun terjatuh. Setelah melewati penurunan yang sangat terjal, tantangan selanjutnya adalah melewati batu batu di tepi sungai yang deras. Sobat harus loncat dari batu yang satu ke batu yang lainnya. Batu batu itu tentu saja memiliki tantangan tersendiri. Lumut dan basah yang bisa membuat sobat terpeleset kalau nggak hati-hati. 

Akhirnya tidak lama pun terdengar suara khas air terjun, semakin cepat sobat berjalan semakin nyaring pula terdengar suara tersebut. Sedikit menanjak hinggga menampakkan wujudnya. Ya.. air terjun yang pertama telah bisa sobat lihat. Disini sobat tidak disarankan untuk berada pas di bawah air terjun ya, karena derasnya air yang turun. Beristirahat dulu sejenak sobat. Setelah beberapa saat sobat bisa melanjutkan ke air terjun selanjutnya. Jaraknya juga tidak terlalu jauh, namun masih dengan medan yang sama, sobat harus melalui pinggiran sungai dan bebatuan. 
Kurang lebih berjalan 5-10 menit sobat akan melihat dari kejauhan air terjun yang kedua. Namun untuk mencapai dekat air terjun ini sobat harus menyebrangi sungai yang cukup deras. Tapi tidak usah khawatir, karena ada tali yang di buat oleh penduduk lokal untuk menyebranginya kok. Namun tidak ada salahnya tetap berhati-hati ketika menyeberang. Air terjun yang kedua ini tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu deras, bisa di katakan spot inilah yang tepat untuk berenang. Sambil berenang ternyata banyak juga ikan-ikan disini loh sobat. Jadi sobat bisa melihat dan menyegarkan mata.

Setelah puas berenang sobat pun bisa melanjutkan ke air terjun berikutnya. Air terjun ke tiga hanya kecil, jadi sobat bisa melewatinya saja dan melanjutkan ke air terjun selanjutnya. Disini sobat akan naik turun tangga yang sudah di siapkan para guide. Dari jauh sudah kelihatan air terjun 4 dan 5 yang berdekatan. 
Allahuakbar, air terjun yang sangat indah. Luar biasa itulah kata-kata yang keluar dari mulut kami. Tidak menyangkan ada air terjun yang seindah ini di Malalak. Untuk mencapai air terjun yang deras ini sobat harus hati-hati untuk menyeberangi sungainya. Selain derasnya, juga tempat bertahan dari derasnya airnya juga sedikit. jadi sobat harus antri perlahan ya kalau lagi rame. Tali juga sudah disiapkan para guide untuk menyeberang kok. Airnya dingin dan awesome banget lah. 

Akhirnya setelah berfoto-foto dan istirahat, saatnya segera kembali pulang. Masih melalui jalan yang sama, namun itu semua tidak menjadi beban lagi karena sudah sampai disini. Pulang pun lebih cepat dan lebih senang. Buat sobat yang ke air terjun tetap gunakan sepatu atau sandal safety. Hindari menggunakan celana jeans agar lebih nyaman dan gampang dalam perjalanan ya sobat. Terima kasih


Malalak, - Agustus 2018
@Amrhy_02

1 comment: